Juli 09, 2016

Panduan Cara Install XAMPP diUbuntu



XAMPP adalah sebuah aplikasi gratis dan open source yang dibuat oleh Apache Friend. XAMPP biasanya digunakan untuk web development atau mengerjakan sesuatu didalam area kerja yang menggunakan server dan database.

Banyak sekali orang yang menggunakan XAMPP karena didalam XAMPP tersebut sudah berisi dengan aplikasi-aplikasi web development seperti Apache dan MySQL.

Keuntungan menggunakan XAMPP ini adalah kita dapat menjalankan server (localhost) langsung dari komputer kita dan tanpa koneksi internet sehingga dapat menghemat biaya dan waktu.

Selain itu didalam XAMPP juga tersedia bundle CMS(Content Management System) seperti Wordpress, Joomla dan drupal, bundle tersebut bisa kita download di bitnami.org

Pada panduan kali ini saya akan mencoba menjelaskan satu-persatu tahapan dalam menginstall XAMPP didalam Operating System Ubuntu dan keluarganya.
  • Download XAMPP di www.apachefriends.org kemudian pilih XAMPP for Linux setelah itu save file XAMPP tersebut didalam folder Downloads.


    • Setelah kamu selesai mendownload file installer XAMPP tersebut, kita akan masuk ke folder download dengan cara membuka terminal dengan menekan tombol ctrl+alt+t kemudian ketikkan command dibawah kemudian enter.
    cd /home/usernamekamu/Downloads



    • Setelah itu kita akan mengubah permission dari file XAMPP tersebut dengan mengetik command dibawah kemudian enter.
    chmod +x namafilexamppkamu.run




    • Setelah kita mengubah permission installer xampp kita, jalankan installer xampp dengan mengetik command dibawah kemudian masukkan password dan enter.
    sudo ./namafilexamppkamu.run




    • Setelah itu maka akan muncul GUI installer XAMPP, silahkan install seperti biasa.

    • Setelah selesai menginstal XAMPP, kita dapat menjalankan XAMPP control panel dengan menggunakan command sudo /opt/lampp/manager-linux-x64.run didalam terminal, atau kita juga bisa membuat GUI sehingga kita tidak perlu mengetikkan command dengan cara dibawah ini.


      Membuat GUI XAMPP Control Panel

      • Buka terminal dan masukkan command seperti dibawah ini, masukkan password kemudian enter.
      sudo gedit ~/.local/share/applications/xampp-control-panel.desktop



      • Kemudian akan muncul Text Editor yang tidak ada isinya, isi Text Editor tersebut dengan teks dibawah ini, setelah selesai simpan file dan tutup teks editornya.
      [Desktop Entry]
      Encoding=UTF-8
      Name=Xampp Control Panel
      Comment=Start or Stop XAMPP
      Exec=gksudo python /opt/lampp/share/xampp-control-panel/xampp-control-panel.py
      Icon=/opt/lampp/htdocs/favicon.ico
      Categories=Application;Development;Web
      Version=1.0
      Type=Application
      Terminal=0




      • Sekarang kita sudah dapat membuka GUI dari XAMPP Control Panel dari menu.


        Related Articles

        0 komentar:

        Posting Komentar