Agustus 24, 2016

Panduan: Cara Install dan Dual Boot Remix OS Dengan Linux Ubuntu


Pada kali ini saya akan memberikan sedikit panduan bagaimana cara install remix os dan dual boot dengan linux. Dalam panduan ini kita tidak akan membuat sebuah partisi baru didalam komputer kita, tetapi kita akan menggunakan partisi root sebagai tempat Remix OS.

Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna linux turunan debian seperti ubuntu, linuxmint, elementary dan sebagainya. Panduan ini juga dapat dilakukan bagi pengguna linux yang baru saja mencoba untuk migrasi alias dual boot dengan windows, dengan catatan bahwa grub loader yang digunakan bukanlah grub dari windows melainkan dari linux.
Baiklah mari saja langsung kita mulai.

BACA: REVIEW REMIX OS MASA DEPAN KOMPUTER ADA DISINI

1. Yang pertama kita download terlebih dahulu file remix os, download disini. File yang akan kita download merupakan file berbentuk zip yang berisi dengan panduan, file exe (windows) installer dan file iso yang akan kita gunakan nantinya.
Disini saya asumsikan untuk mendownload Remix OS versi 64-bit.


2. Setelah kita selesai mendownload file Remix OS, ekstrak file iso yang ada didalam zip yang telah kita download tadi.


3. Setelah kita ekstrak file iso yang ada didalam zip tersebut, ekstrak file iso dengan cara klik kanan kemudian pilih extract here.


4. Setelah kita ekstrak file iso dari Remix OS, kita akan membuat 2 folder dialam partisi root, yang masing-masing folder berfungsi sebagai folder data dan folder utama Remix OS, disini saya menggunakan terminal untuk membuatnya. Buka terminal dengan menekan ctrl+alt+T kemudian ketik “sudo mkdir /RemixOS”, masukkan password kemudian ketikan kembali “sudo mkdir /RemixOS/data” dan enter.


5. Setelah kita membuat dua folder didalam root, kita akan menyalin beberapa file yang ada didalam folder ekstrakan file iso Remix OS, tetapi sebelum kita menyalin file kita harus menjalankan file manager (file explorer) sebagai root dengan cara membukan terminal kemudian ketik “sudo namafilemanager”, nama file manager berbeda-beda dari tergantung dari OS apa yang kita gunakan, contohnya Caja, Nautilus, Nemo dan lain-lain. Untuk mengetahui file manager apa yang kita gunakan bisa dengan cara membuka file manager kemudian pilih menu help>about.


6. Setelah kita menjalankan file manager secara root, kita akan menyalin beberapa file yang ada didalam folder hasil ekstrakan file iso Remix OS kedalam folder RemixOS yang telah kita buat didalam root. Beberapa file yang kita salin adalah :
- initrd.mg
- kernel
- ramdisk.img
- system.sfs


Hasil isi folder RemixOS didalam root.


7. Setelah kita selesai dengan salin menyalin file, sekarang kita akan menginstal grub costumizer yang nantinya berfungsi untuk membuat boot dari Remix OS.
Instal grub costumzer dengan cara buka terminal kemudian masukkan teks dibawah ini.

sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer
Masukkan password
Sudo apt-get update
Sudo apt-get install grub-costumizer

8. Selanjutnya buka Grub Costumizer, buat entry baru seperti gambar dibawah.


9. Setelah membuat entry baru, akan muncul popup dimana berisi dengan infromasi yang tentang entry boot yang akan kita buat, masukkan nama dengan ‘RemixOS’, pilih type other kemudian masukkan teks dibawah ini kedalam bagian kotak besar yang ada di Grub Costumizer.

insmod part_gpt
search --file --no-floppy --set=root /RemixOS/system.sfs
linux /RemixOS/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=remix_x86_64
androidboot.selinux=permissive CMDLINE

**update, karena Remix OS versi 3 menggunakan Marshmallow dan sudah pre-rooted, tetapi ada walaupun sudah diroot kita tidak dapat mengubah file system sehingga kita harus menambahkan REMOUNT_RW=1 kedalam script Grub Costumizer (HANYA OPTIONAL).

Hasil:
insmod part_gpt
search --file --no-floppy --set=root /RemixOS/system.sfs
linux /RemixOS/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=remix_x86_64
androidboot.selinux=permissive CMDLINE REMOUNT_RW=1
initrd /RemixOS/initrd.img
10. Setelah selesai mengikuti tahapan-tahapan yang ada diatas, sekarang kita akan mencoba untuk masuk kedalam Remix OS, silahkan restart komputer kamu dan pilih Remix OS saat masuk kedalam grub.

Jika kamu masuk dan disambut dengan welcome screen maka kamu sudah berhasil menginstall Remix OS didalam Linux, semoga panduan diatas dapat bermanfaat dan dapat dimengerti dengan baik, jika ada pertanyaan dan ada kendala dalam proses instalasi Remix OS silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Related Articles

0 komentar:

Poskan Komentar